Menggunakan Try Catch Untuk Penanganan Eksepsi

Menggunakan Try Catch Untuk Penanganan Eksepsi

Ketika baru berguru coding pasti kita pernah mendapatkah hasil error . Error dalam berguru merupakan hal yang masuk nalar dan mampu terjadi pada setiap orang . Misalnya kita membuat sebuah coding dimana kita ingin meminta inputan berupa angka namun yang terjadi adalah kita memasukan bukan angka , maka akan terjadi error dan acara pun di paksa berhenti . Hal ibarat itu mampu kita sebut sebagai eksepsi .


Apa itu eksepsi ??


Eksepsi merupakan sebuah kondisi gila yang terjadi pada suatu runtun isyarat saat acara sedang dijalankan. Contoh yang lain misalnya kita ingin melakukan pembagian dengan angka 0 . Ingat dalam matematika bahwa pembagian dengan angka 0 tidak di mungkinkan , java pun ibarat itu . Akhirnya acara akan muncul error saat di jalankan .

Bagaimana cara membuat acara tetap berjalan walaupun terdapat error ??


Tenang java mampu menjawab pertanyaan di atas , jawabanya yaitu dengan penanganan eksepsi . Perhatikan code di bawah ini .

 try {             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka = input.nextInt();             int hasil = angka/0;         } catch (Exception e) {             System.out.println("Masalah = "+e.getMessage());         } 

Diatas kita sebut dengan blok try-catch . Didalam blok try kita isi dengan coding yang kira-kira akan membangkitkan error saat di run . Error di sini mampu ibarat pola error yang ada di atas dan masih banyak lagi error yang lain . Kemudian di dalam blok catch berisi wacana penanganan yang akan kita lakukan saat terjadi error . Misalnya saat terjadi error kita ingin menampilkan karena adalah errornya .


Dalam try-catch mampu terdapat lebih dari satu catch (penanganan error) karena kondisi mampu di spesifikan ke error yang akan di timbulkan . Namun bila kawan-kawan gundah dengan apa kira-kira error yang akan terjadi maka sebaiknya gunakan saja yang default .Oh ya apakah kawan-kawan tertarik untuk membuat tampilan coding ibarat di halaman ini ??? bila tertarik silahkan baca membuat codingan di blogspot .

 try {             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka = input.nextInt();             int hasil = angka/0;         } catch (ArithmeticException ae) {             System.out.println("Masalah = "+ae.getMessage());         } catch (InputMismatchException ime) {             System.out.println("Masalah = "+ime.getMessage());         } 

Kemudian berikutnya adalah statement finally setelah catch . Finally akan tetap di hukuman saat terjadi atau tidak terjadi errror . Biasanya finally tidak begitu di gunakan .Saya juga kurang begitu paham apa kegunaan dari finally ini sebenarnya.

 try {             System.out.println("Masukan angka : ");             int angka = input.nextInt();             int hasil = angka/0;         } catch (Exception e) {             System.out.println("Masalah = "+e.getMessage());         } finally{             System.out.println("Final akan tetap di eksekusi");         } 

Dalam bahasa pemrograman lain pun ada penanganan eksepsinya namun agak berbeda bentuk . Jadi gunakan try-catch saat kita membuat sebuah coding yang kira-kira akan membangkitkan error . Tetap semangat coding dan terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu wacana java .

Download coding materi ini di bawah .


DOWNLOAD
Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/


Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php