Menggunakan Array Untuk Menyimpan Data Sama

Pernahkan kawan-kawan berfikir bagaimana cara kita menyimpan data yang banyak ?? Jika kita menggunakan variabel maka kita hanya mampu meyimpan data satu saja dan jikalau kita isikan lagi maka data akan di timpa dengan data yang baru . 


Salah satu jawaban yang mampu menjawab pertanyaan di atas adalah menggunakan array.


Menggunakan Array Untuk Menyimpan Data Sama


Nah lo apa tu array ????


Ada cerita ni dari si oso , baca dulu ya . 


Ceritanya si oso lagi ada di kebun buah . Disana banyak buah yang segar dan oso ingin mengambil beberapa untuk di bawa pulang . Oso melihat pohon pisang dan dengan keterampilannya ia membuat sebuah wadah dari daunnya untuk menampung buah-buahan tersebut . Dia memperkirakan ukurannya biar muat buah agak banyak .Setelah mempersiapkan wadahnya ia pun mulai memetik buah satu demi satu .  


Dari cerita di atas si oso sudah menyinggung tentang array dalam bentuk wadah dari daun pisang .Jadi mampu di katakan bahwa array adalah salah satu penyimpanan data yang ada dalam bahasa pemrograman yang cara pengaksesannya menggunakan indeks. Untuk lebih lengkapnya kita akan membahasnya bersama dalam posting ini .


Bagaimana cara membuat array ???


Kalo si oso membuat wadahnya dengan daun pisang , kita membuat arraynya ibarat ini .


        // BUAT ARRAY         String [] buah = new String[3]; 

Pertama kita tentukan tipe datanya lantaran adalah array hanya mau menampung data yang sesuai dengan tipe datanya saja . Lalu kita tentukan juga wadah kita besarnya seberapa , itu untuk besar tempatnya .



Bagaimana cara kita mengisi array ???


Kita mampu mengisinya satu per satu berdasarkan indeksnya ibarat di bawah ini .


        buah[0] = "Apel";         buah[1] = "Jeruk";         buah[2] = "Anggur"; 

Atau kawan-kawan mampu juga begitu membuat array eksklusif mengisinya ibarat cara di bawah ini .


 String [] minuman = {"Teh","Jus"}; 

Jadi maksimal tempatnya di sesuaikan dengan banyaknya data yang di pisahkan dengan tanda koma .Untuk coding yang sedikit cara di atas tidak terlalu bermasalah tapi jikalau codingnya banyak maka akan menjadi duduk duduk kasus . Cara untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan pertolongan dari looping for untuk mengisinya .



Bagaimana jikalau kita mengakses indeks yang melebihi batas array ???



Jika kita mengakses indeks yang melebihi dari batas array maka akan terjadi error . Coba saja kawan-kawan menampilkan array buah dengan indeks 3 , maka ketika di run akan terjadi error .


Bagaimana cara untuk melihat isi dari array ???


Untuk melihat isi array kita membutuhkan sebuah indeks , array indeks ke berapa yang ingin kita tampilkan . Cohtohnya ibarat di bawah ini .


 System.out.println("Buah = " + buah[0]); 

Mudah bukan , caranya cuma ibarat itu aja . Bisa juga kita menggunakan looping for yang di mulai dengan 0 dan dengan batas sampai namaArray.length . length di sini memiliki kegunaan untuk menerima total dari maksimal isi array .


        System.out.print("Minuman = ");         for (int i = 0; i < minuman.length; i++) {             System.out.print(" " + minuman[i]);         } 

Jika kita run maka akibatnya akan ibarat ini .



Menggunakan Array Untuk Menyimpan Data Sama



Nah itu bahasan kita hari ini tentang array . Dalam pembahasan ini kita hanya membahas tentang array satu dimensi . Terdapat juga array dua dimensi yang di sebut dengan matrik , nah selengkapnya tentang matrik silahkan baca di sini . Terus semangat coding dan jangan pantang menyerah dan nantikan terus postingan selanjutnya hanya ada di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java. 


Untuk coding di atas silahkan download di bawah ini 




Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/


Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php