Mengenal Matrik Alias Array Dua Dimensi



Pada pembahasan yang kemudian kita sudah mencar ilmu apa itu array . Saya singgung sedikit bahwa array merupakan salah satu penyimpanan data yang ada di java . Selengkapnya silahkan baca di Menggunakan Array Untuk Menyimpan Data Sama.



Mengenal Matrik Alias Array Dua Dimensi


Kali ini kita akan membahas perihal matrik .


Apa itu matrik ???


Yang saya maksud bukan film matrik itu ya , melainkan matrik yang ada di java . Bagi yang penasaran apa itu matrik , baca terus ya jangan ganti chanelnya hehehe…


Jika kawan-kawan pernah mencar ilmu matematika pastinya udah tau dong konsep matrik . Di java pun matrik sama mirip matrik yang ada di matematika. Nah kalo di java matrik itu merupakan array 2 dimensi , terdapat baris (kanan ke kiri) dan juga kolom (atas ke bawah ). 


Bagaimana cara membuat matrik di java ???


Perhatikan coding di bawah ini .

       // MEMBUAT MATRIK BUAH        String [][] buah = new String[2][2]; 



Kalo kita perhatikan sama kan mirip array , ya sama lah itukan juga array cuma dimensinya tidak satu . Sama mirip array kita hanya mampu menyimpan satu tipe data dalam matrik . Kemudian perhatikan ada 2 buah kotakan, kan kalo di array cuma ada satu aja . Kalo di matematika kita menyebutnya dengan ordo (baris x kolom) . 


Kita mampu membuat setiap baris memiliki kolom yang berbeda . Caranya mirip berikut .

       // MEMBUAT DAN MENGISI MATRIK MAKANAN        String [] [] masakan = {{"Mi ayam","Martabak"},                                {"Nasi Goreng"},                                {},                                {"Soto","Bakso","Sate"}}; 




Makara banyaknya kolom dalam baris mampu tidak sama , namun kebanyakan penggunaanya selalu sama antara kolom di baris 1 dengan baris lainnya .


Bagaimana cara mengisinya ???


Sama saja mirip array , cuma sekarang indeksnya ada baris dan kolom . Makara harus ditentukan ada di baris berapa dan kolom berapa .

       // MENGISI MATRIK BUAH        buah[0][0] = "Pisang";        buah[0][1] = "Semangka";        buah[1][0] = "Melon";        buah[1][1] = "Anggur"; 

Jika indeks yang di saluran melebihi batas matrik maka akan error juga . Makara perhatikan batasnya .


Bagaimana kita menampilkannya ???


Sama saja sih mirip array hanya kalo di array kita mampu eksklusif menunjuk indeks ke berapa , nah kalo di matrik harus menunjuk baris dan kolom ke berapa . Bisa kita menampilkannya secara sendiri-sendiri.

 System.out.println("Isi dari array buah indeks 1,1 " + buah[1][1]); 

Bisa juga kita menampilkannya dengan looping for


Kalo di array kita mampu mengetahui jumlah maksimal yang mampu di tampung dengan fungsi namaArray.length . Sedangkan jikalau di matrik caranya agak berbeda sedikit , terdapat 2 buah jumlah maksimal ialah baris dan kolom . 


Untuk mengetahui banyaknya baris mampu eksklusif kita ketikan namaMatrik.lenght . Untuk mengetahui banyaknya kolom harus mirip ini namaMatrik[baris].length .



        System.out.println("Banyak baris di array masakan = " + makanan.length);         System.out.println("Banyak kolom di baris ke 2 = " + makanan[2].length);         System.out.println("Banyak kolom di baris ke 3 = " + makanan[3].length); 


Kalo coding di atas di coba di run menjadi mirip ini .


Mengenal Matrik Alias Array Dua Dimensi



Demikian pembahasan kita perihal matrik . Perlu di ketahui juga selain array dan matrik ada juga array multidimensi (dimensi 3 dan seterusnya) . Namun untuk array multidimensi agak sulit dibayangkan jikalau menggunakan konsep baris dan koloom .


Untuk codingnya silahkan di download di bawah.





Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/


Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php