Coding Menampilkan Bilangan Prima Dalam Java

Ini merupakan kelanjutan dari postingan saya sebelumnya yang berjudul Coding Mengecek Angka Prima Dalam Java . Pada pembahasan yang kemudian kita sudah membahas ihwal apa itu bilangan prima dalam matematika kemudian kita pun juga sudah membuat fungsi untuk mengecek bilangan prima atau tidak . Nah saya sarankan yang belum membaca postingan saya sebelumnya , supaya membacanya dahulu lantaran dalam pembahasan kali ini masih menggukanan beberapa codingan dari materi sebelumnya .


Coding Menampilkan Bilangan Prima Dalam Java

Kita kembali ke pembahasan kali ini . Kalo kemarin kita sudah mampu mengecek angka prima atau bukan , sekarang kita akan membuat prosedur untuk menampilkan bilangan – bilangan prima tersebut dalam java . Kita buat sebuah prosedur dengan nama tampilPrima , codingnya mirip di bawah ini .


      public void tampilPrima(int batas){         Prima prima = new Prima();         int counter = 1;         System.out.print("Angka prima sampai angka " + batas + " : 2");         for (int i = 3; i <= batas; i++) {             if(prima.cekPrima(i)){                 System.out.print(" , " + i);                 counter++;             }         }         System.out.println("\nTotal angka prima ialah "+ counter);     }  

Fungsi ini bertujuan untuk menampilkan angka prima dari angka prima pertama sampai dengan angka yang menjadi batas . Angka yang menjadi batas kita dapatkan dari parameter . Kemudian saya juga ingin mengetahui berapa banyak angka prima yang muncul untuk itu saya membuat variabel counter .


Kemudian kita gunakan looping for untuk medapatkan angka yang akan kita cek apakah prima atau tidak . Nah kemudian kita gunakan fungsi pada pembahasa sebelumnya untuk mengeceknya dan jangan lupa fungsi ini di gunakan sebagai kondisi dalam percabangan if . Nah kalau if bernilai TRUE maka tampilkan angkanya dan juga incrementkan counter . Isi dari counter akan kita tampilkan di selesai looping for .


Selain itu saya juga ingin membuat fungsi yang tujuannya sama mirip di atas , cuma bedanya kalo di atas parameternya di gunakan untuk batas angka sedangkan di sin di gunakan untuk banyaknya angka prima yang ingin di tampilkan . Kita beri nama fungsi ini dengan nama tampilkanPrimaSebanyak() , codingnya mirip di bawah .


     public void tampilPrimaSebanyak(int batas){         Prima prima = new Prima();         int counter = 0;         int angka = 3;                  System.out.print("Angka prima sebanyak " + batas + " : 2");         while(true){             if(prima.cekPrima(angka)){                 counter++;                 System.out.print(" , " + angka);             }                          if(counter == batas){                 break;             }                          angka++;         }     }  

Berbeda dengan fungsi tampilPrima , disini kita memakai looping while . Kita kan belum tau sampai berapa looping yang di perlukan untuk menampilkan angka prima sebanyak misalnya 30 , nah while di sini looping yang paling cocok untuk di gunakan . While sengaja kita buat kondisinya selalu TRUE , cara biar loopingnya berhenti ialah dengan menggunakan code break yang kita tempatkan dalam if .


Lalu ubah sedikit di mainya mirip code di bawah ini .


      public static void main(String[] args) {         Prima prima = new Prima();                  prima.bacaPrima(7);         System.out.println("");         prima.tampilPrima(30);         prima.tampilPrimaSebanyak(12);     }  

tampilan saat di run


Coding Menampilkan Bilangan Prima Dalam Java

Gimana , udah mulai paham kan dengan penggunaan looping for dan while . Terus semangat dalam mencar ilmu coding , sedikit paham itu lebih baik dari tidak paham sama sekali namun tentunya kalau kita paham semuanya akan menjadi sangat baik . Tunggu postingan berikutnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu ihwal java .


Download coding materi ini di bawah .


DOWNLOAD
Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/


Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php