Coding Looping While Dalam Bahasa Java

Kalo sering mengikuti postingan blog saya ini pasti kawan-kawan sudah tahu apa itu looping . Sudah saya jelaskan pada postingan yang dahulu ihwal looping for di java . Selengkapnya silahkan baca apa itu looping for di java .


Coding Looping While Dalam Bahasa Java


Apa Perbedaan antara looping for dan while ???


Saya ulang sedikit ya looping memiliki kegunaan untuk mengulang coding kita biar coding kita tidak membengkak . Looping merupakan hal yang wajib di pelajar tidak ada kata tapi , alasannya adalah sangat penting dalam coding kita .


Sebenarnya di dalam java terdapat 3 buah jenis looping yaitu looping for , looping while dan looping do while . Nah kali ini kita bahas dulu yang for dan while .


Jadi apa sih beda antara keduanya ???



Begini kawan , inget kan kalo for itu looping yang kita udah tahu batasnya . Makara looping akan terus melooping sampai dengan batas yang sudah kita menetapkan . Nah kalo while , kita belum tahu batasnya . Terus kalo tidak tahu batasnya bagaimana ??? Jangan resa dan jangan resah . Maksud dari kita belum tahu batasnya di sini , kita tidak mampu menentukan pastinya batasnya berapa kali looping . Makara yang menentukan batasnya yaitu kondisi yang akan kita pakai , while akan terus melooping sampai ketemu kondisi untuk berhenti .


Bagaimana cara kita membuat looping while ???


Secara default coding untuk while menyerupai ini .

        while(kondisi){             // Isi yang akan di looping         } 

Siapkan beberapa variabel di bawah ini .


        // Variabel yang di butuhkan          boolean stop = false;         int counter = 0;         int kunci = 4; 

Saya akan jelaskan sedikit , variabel stop memiliki kegunaan untuk kondisi apakah looping while akan terus atau berhenti. Kemudian variabel counter memiliki kegunaan untuk menghitung banyaknya looping yang akan di lakukan . Lalu variabel kunci untuk kunci yang harus di temukan.


Kemudian incrementkan counter biar kita tahu ini loopingan ke berapa . Disini saya akan mengacak angka dari 0 – 9 , di sini saya menggunakan pustakan java . Kelas math dalam java menyediakan beberapa fungsi untuk operasi matematika termasuk menerima angka random . Untuk menerima angka antara 0 – 9 buat coding menyerupai di bawah ini .

            // Dapatkan angka random             int acak = (int)(Math.random()*10); 

Kemudian tampilkan angka yang berhasil kita dapatkan .


 System.out.println(acak); 

Buat kondisi biar looping mau berhenti . Caranya dengan penyeleksian kondisi dengan if , buat kondisi jikalau angka yang kita random tadi kesannya sama dengan isi dari variabel kunci . Ketika kondisi if terpenuhi , kita ubah nilai dari variabel stop menjadi true . Sehingga looping mampu berhenti alasannya adalah kodisi untuk looping while tidak terpenuhi.

            // Berhenti jikalau sudah menerima angka yang di cari             if(acak == kunci){                 stop = true;             } 

Dibawahnya kita tampilkan angka kunci di temukan pada loopingan ke berapa . Tampilkan juga berapa kali looping di lakukan .

        System.out.println("Looping while untuk menerima angka " + kunci + " adalah sebanyak "+counter);         System.out.println("While berhenti pada looping ke " + counter); 

Hasilnya jikalau di run akan menyerupai ini .


Coding Looping While Dalam Bahasa Java


Akhirnya tanggapan juga pembahasan looping while kita kali ini . Terus nantikan postingan berikutnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu ihwal java.


Download coding materi ini di bawah .

DOWNLOAD



Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/


Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php