Coding Bilangan Fibonacci Dalam Bahasa Java

Pernahkan kawan-kawan mendengar bilangan fibonacci ??? Jika belum maka silahkan baca terus postingan ini .


Bilangan fibonacci adalah sebuah deretan bilangan di mana angka urutan ke-3 nya merupakan hasil penjumlahan dari 2 urutan sebelumnya . Untuk angka selanjutnya (urutan 3 seterusnya) juga memakai prinsip yang sama .


Jika bingung , perhatikan gambar hasil run coding di bawah ini .


Coding Bilangan Fibonacci Dalam Bahasa Java

Angka fibonacci seakan-akan gambar di atas .


Bagaimana coding membuat fibonacci di java ???


Logika setiap programer berbeda-bedan dan akan menghasilkan bentuk coding yang mungkin tidak sama , hal itu masuk nalar . Seperti ibarat kita mau ke jakarta dari surabaya , banyak cara yang mampu kita lewati , mampu naik kereta atau naik pesawat atau lewat jalur pantura atau jalur-jalur yang lain . Nah membuat fibonacci versinya juga banyak ada yang memakai rekursif ada yang cuma di mainnya saja dan lain-lain .


Disini saya tidak akan memakai rekursif dahulu , mungkin di postingan saya selanjutnya akan saya bahas lagi memakai rekursif . Oke langsung kita ke topik pembahasan kali ini , yaitu membuat coding fibonacci .
Buat sebuah fungsi untuk menerima angka fibonacci , saya beri nama di sini fungsi dapatFibo dengan dua buah parameter seakan-akan di bawah .


    

Tujuan dari fungsi ini adalah menerima hasil dari penjumlahan dua angka sebelumnya , ingat pengertian fibonacci tadi ya .


Kemudian selanjutnya kita buat mekanisme yang memiliki kegunaan untuk menggenerate atau menampilkan angka fibonacci dengan batas tertentu . Sebenarnya mampu kita tidak memakai mekanisme ini dan langsung saja kita buat di main nya tapi kalo suatu hari saya mau menggunakanya lagi , saya harus susah-susah lagi mengetikannya di main . Untuk menghidari hal seakan-akan itu gunakan mekanisme , baca selengkapnya wacana prosedur .


Buat mekanisme dengan nama generateFibo dengan satu buah parameter , codingnya seakan-akan di bawah ini .


    

Buat tiga buah variabel yang memiliki kegunaan untuk menyimpan angka pertama , kedua dan penampung untuk angka selanjutnya . Lalu tampilkan isi dari angka pertama dan kedua , setelah itu baru kita buat sebuah looping for dengan batas angka dari parameter di kurang 2 . Kenapa harus di kurang 2 ??? lantaran adalah tadi kan kita sudah tampilkan 2 buah angka pertamanya .


Kemudian di dalam looping kita panggil fungsi dapatFibo dan kita tampung di variabel tampung . Yang akan kita tampilkan adalah variabel tampung ini . Lalu kita ganti isi dari variabel angka1 dan angka2 tujuannya biar nilainya untuk penjumlahan mampu di perbaharui .


Di dalam main nya kita panggil mekanisme generateFibo . Supaya mampu dinamis kita gunakan scanner yang ada di java , baca juga cara memasukan inputan dari keyboard dalam bahasa java .


Terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu wacana java . Terus semangat dalam coding dan jangan simpel putus asa .


Download coding materi ini di bawah


DOWNLOAD
Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/


Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php