Cara Praktis Berguru Coding Untuk Pemula



Kali ini saya tidak akan membahas materi tentang logika coding dahulu . Yang akan saya bahas sekarang yakni tentang bagaimana cara kita dalam mencar ilmu coding . Mungkin bagi orang yang sudah terjun dalam dunia programmer , coding bukan lah hal yang seram dan menyulitkan alasannya yakni yakni itu masakan mereka sehari hari tentunya selain makan nasi ya hehehe….


Cara Gampang Mencar Ilmu Coding Untuk Pemula

Walaupun saya akui , saya juga bukan orang yang master banget soal programming namun di sini saya akan menawarkan sedikit pembahasan dari pengalamn saya sendiri dalam mencoding .


Harus dari mana sih kita mencar ilmu mencoding atau mencar ilmu tentang bahasa pemrograman ???


1 . Pilih satu bahasa pemrograman yang ingin kawan – kawan kuasai . Terserah mau bahasa pemrograman apa saja , mampu bahasa pemrograman dekstop mirip java , c++ , c , dan masih banyak yang lain atau mampu bahasa pemrograman web mirip php dan yang lainya . Tapi saya anjurkan bahasa java , alasannya yakni yakni blog saya membahas tentang java dan java menurut saya tidak terlalu sulit .


2 . Selalu mencoba mengotak atik coding . Dengan kita mengotak atik coding kita akan tau dan akan terbisa dengan yang namanya coding .


3 . Error merupakan hal yang masuk kebijaksanaan dalam mencar ilmu . Setiap orang yang sedang mencar ilmu pasti sering mengalami yang namanya error , begitu juga dengan saya sendiri .


4 . Carilah tutorial dari buku ,entah itu kawan-kawan membeli buku atau meminjam buku terserah kawan-kawan . Selain buku juga mampu mencari lewat internet bersama embah google . Bisa juga ni baca di blog ini , lagi lagi promosi ni hehehe….


5 . Luangkan waktu beberapa jam dalam sehari untuk mencoding . Ingat pepatah jawa bilang “Tresno jalaran soko kulino” yang artinya suka itu alasannya yakni yakni sudah terbisa . Jadi jikalau kawan-kawan sudah terbiasa dengan coding maka lama kelamaan kawan-kawan akan suka . Apa lagi jikalau kita menemukan error dan kita mampu mengatasi nya rasanya itu mirip kejatuhan durian runtuh .


6 . Bergabunglah dengan forum – forum programming yang sudah ada dan mulailah sharing ilmu dengan yang lainnya .


Kemudian untuk mencar ilmu java saya berikan sedikit arah an harus mulai dari mana dulu . Kalo menurut saya sendiri dalam mencar ilmu java enaknya mengikuti alur mirip ini .


1 . Membaca dahulu tentang apa itu java dan apa saja yang di perlukan .
2 . Belajar tentang bagaimana cara membuat project , saya sarankan menggunakan IDE netbeans.
3 . Belajar tipe data dan operator.
4 . Belajar seleksi kondisi (IF – ELSE atau SWITCH CASE).
5 . Belajar looping atau perulangan (FOR , WHILE dan DO WHILE).
6 . Belajar Method (FUNGSI dan PROSEDUR).
7 . Belajar array satu dimensi dan juga dua dimensi atau matrik kemudian juga array banyak dimensi .


Saya kira itu sudah cukup untuk membuat kawan-kawan mengerti tentang bahasa pemrograman java . Itu merupakan materi dasar dalam perkuliahan di sebut dengan algoritma . Kalian harus menguasai itu dulu untuk mencar ilmu java lebih lanjut alasannya yakni yakni masih banyak jikalau kita berbicara tentang java .


Itu dulu yang mampu saya bagikan kali ini . Terus semangat coding dan jangan menyerah jikalau bertemu error . Nantikan terus postingan selanjutnya hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java .



Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/


Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php