Belajar Konsep Pemrograman Pbo Di Java Mudah

PBO adalah salah satu paradigma pemrograman yang populer pada dikala ini . PBO atau Pemrograman Berbasis Objek atau OOP di temukan sekitar tahun 1960 dan dikembangkan sekitar awal tahn 1970 .


Model PBO ini menggantikan perannan dari konsep pemrograman terstruktur atau struktural . Pada PBO semua data dan fungsi dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek dimana setiap objek mampu mendapat , memproses dan mengirim pesan ke objek yang lainnya.


Belajar Konsep Pemrograman Pbo Di Java Mudah

Karakteristik dari PBO


PBO merupakan kepingan dari evolusi perangkat lunak baik dari sisi konsep maupun produk. Untuk membedakan PBO dengan pemrograman generasi sebelumnya di sini saya akan membahas beberapa karakteristik utama yang terdapat dalam “Pemrograman Berbasis Objek” .Untuk lebih lengkapnya saya akan uraikan di bawah ini .


1 . ENKAPSULASI
Kita lihat dari namanya adalah ENKAPSULASI yang bermakna pengkapsulan . Kawan-kawan pahami dulu kata pengkapsulan , kita ibaratkan obat yang berbentuk kapsul . Tujuan dari obat di kapsulkan agar kepingan dalam (isi obat) tidak rusak atau terganggu . Sama seolah-olah halnnya enkapsulasi di sini tujuannya agar atribut yang kita buat tidak praktis untuk di kanal sehingga atribut kita akan lebih aman . Enkapsulasi mampu di sebut juga dengan penyembunyian informasi atau information hidding. Jadi kita tidak harus tau isinya method (fungsi dan prosedur) yang akan kita gunakan tapi kita cukup tahu saja method ini memiliki kegunaan untuk apa .


2. ABSTRAKSI
Abstraksi merupakan sebuah pengenalan secara umum dari sebuah objek tanpa memerlukan pengetahuan yang detail . Penjelasan lebih mudahnya adalah cara kita melihat suatu sistem dala bentuk yang lebih sederhana . Misalnya saya beri acuan Motor merupakan sebuah abstraksi dari kendaraan roda dua yang mampu bergerak dengan mesin .


3. MODULARITAS
Mudularitas merupakan pembagian objek kompleks kedalam bagian-bagian individual yang memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi dari modularitas adalah memudahnkan kita dalam mengerjakan sebuah project , memudahkan di sini mampu berarti memudahkan untuk membaca alur project mampu juga memudahkan kita dalam pencarian error . Lebih mudahnya mampu kita ibaratkan sebuah motor , yang tersusun dari berbagai macam modul seolah-olah modul mesin , ban , gas dan lainnya .


4. HERARKI
Di dalam PBO kita juga akan mengenal adanya pewarisan , bukan pewarisan harta ya . Pewarisan di sini lebih di tepatkan pewariasan sifat dari kelas induk ke kelas anak . Bisa kita misalkan bahwa anak memiliki sifat yang diturunkan dari kedua orang tuanya , entah itu mampu dominan dari ayah atau ibunya .Dalam kesempatan yang lain akan saya bahas lebih lengkapnya.


Apa sih alasan kita harus mengguanakan pbo ???


Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa konsep pbo merupakan penyempurnaan dari konsep bahasa prosedural . Sebenarnya prosedural pun juga merupakan penyempurnaan dari bahasa sekuensial .


Kelemahan dari bahasa prosedural seolah-olah ini , misal ada sebuah perusahaan membuat sebuah buku kas besar menggunakan variabel yang mampu di kanal oleh fungsi-fungsi lainnay sehinggah harus di jadikan menjadi variabel global . Seperti yang kita ketahui bahwa variabel global mampu di kanal oleh semua fungsi . Masalah akan muncul jikalau ada programmer baru yang belum mengetahui seluk beluk aktivitas kita ini dan kemungkinan yang akan terjadi adalah kerusakan data lantaran pengaksesan langsung.


Kelebihan PBO (Java)


1. Multiplatform , sesuai dengan prinsipnya adalah “tulis sekali , jalankan dimana saja” java mampu di jalankan dalam os yang berbeda . Beberapa os yang didukung sampai dikala ini adalah Microsoft Windows , Linux , Mac OS dan Sun Solaris .


2. OOP , cara berfikirnya seolah-olah manusia lantaran berdasarkan objek bukan perintah perbaris .


3. Untuk java sendiri memiliki pustakan yang mampu dikatakan cukup dari lengkap untuk mengengerjakan project .


4. Di dalam java terdapat pengumpul sampah otomatis jadi tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung .

Kekurangan PBO (Java)


1. Penggunaan memori yang banyak , dari pada bahasa seolah-olah C/C++ dan pascal java memiliki penggunaan memori lebih besar .


2. Mudah didekompilasi.


3. Program yang di buat dengan java lebih lambat dibanding dengan aktivitas yang di buat dengan bahasa lain seolah-olah c / c++.


Masih banyak yang belum mampu saya terangkan tentang PBO , dalam hal ini saya maksudkan lebih ke java . Jika ada kesempatan lain akan saya coba jelaskan lebih banyak lagi atau kawan-kawan mampu membaca cara belajar java dengan mudah . Semoga postingan ini mampu membatu bagi para pemula yang ingin belajar tentang konsep PBO di dalam java .


Terus kunjungi tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu tentang java .



Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/


Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php