Variabel Dan Tipe Data Python

Variabel yakni lokasi di memori yang dipakai untuk menyimpan nilai. Pada dikala kita Membuat sebuah variabel, kita ‘memesan’ kawasan di dalam memori. Tempat tersebut sanggup diisi dengan data atau objek, baik itu bilangan bulat (integer), potongan (float), karakter (string), dan lain – lain.



Memberi Nilai Variabel



Di python, variabel tidak perlu dideklarasikan secara eksplisit. Deklarasi atau pembuatan variabel terjadi secara otomatis pada dikala kita memberi (menugaskan) suatu nilai ke variabel. Tanda sama dengan ( = ) dipakai untuk mengatakan nilai ke variabel.



Operand di sebelah kiri tanda = yakni nama variabel dan di sebelah kanan tanda = yakni nilai yang disimpan di dalam variabel. Sebagai contoh:



panjang = 100 # tipe data integer
lebar = 21.5 # tipe data float
nama = "Umar" # tipe string
print(panjang)
print(lebar)
print(nama)

 



Catatan: Istilah menugaskan, menyimpan, dan memberi nilai ke variabel yakni sama. Secara teknis, sebetulnya variabel yakni nama yang diberikan untuk menunjuk ke lokasi memori yang menyimpan suatu objek atau data.



Multi penugasan



Kita sanggup memberi nilai ke beberapa variabel secara bersamaan ibarat berikut.



x = y = z = 3


Pada pola di atas, kita Membuat sebuah objek integer, yaitu bilangan 3, dan kemudian kita menugaskan ketiga variabel untuk menunjuk ke lokasi yang sama yang berisi 3.



Kita juga sanggup menugaskan masing – masing variabel ke objek yang berbeda dalam sebaris perintah. Sebagai contoh:



a, b, c = 1, 3.4, "Umar"


Pada pola di atas, variabel a diberi nilai 1, b nilai 3.4, dan variabel c diberi nilai “Umar”.



Tipe Data Python



Data yang disimpan di memori memiliki tipe yang berbeda – beda. Misalnya untuk panjang, akan disimpan dengan tipe bilangan. Nama orang akan disimpan dalam tipe string/karakter. Suhu akan disimpan dalam bentuk bilangan berkoma. Dan lain sebagainya. Masing – masing tipe data akan memiliki operasi yang berbeda – beda.



Python memiliki enam tipe data standar atau paling sering digunakan, yaitu:




  • Bilangan (Number)


  • String


  • List


  • Tuple


  • Set


  • Dictionary



Bilangan (Number)




Tipe data bilangan yang umum ada 2 yaitu, integer dan float. Integer yakni bilangan bulat, sedangkan float yakni bilangan pecahan. Selain itu ada tipe bilangan lain, yaitu bilangan kompleks yaitu bilangan yang memiliki potongan real dan imajiner. Integer, float, dan kompleks masing-masing di Python diwakili oleh kelas int, float, dan complex.



Kita sanggup menggunakan fungsi type() untuk mengetahui tipe data suatu objek di python.



x = 5
print(x, "tipenya yakni ", type(x))
x = 2.0
print(x, "tipenya yakni ", type(x))
x = 1+2j
print(x, "tipenya yakni ",type(x))
[/datacamp_hint]

 



Tipe data integer di Python panjangnya sanggup berapa saja. Panjangnya hanya dibatasi oleh besar memori yang tersedia. Tipe data float akurat sampai 17 angka di belakang koma. Berikut pola panjang bilangan menggunakan mode interaktif di IDLE. Perhatikan bagaimana bilangan float terpotong panjangnya.



>>> a = 1234567899999999999999999999
>>> a
1234567899999999999999999999
>>> b = 0.123456789123456789
>>> b
0.12345678912345678
>>> c = 1+4j
>>> c
(1+4j)


 



String



String yakni satu atau serangkaian karakter yang diletakkan diantara tanda kutip, baik tanda kutip tunggal ( ‘ ) maupun ganda ( ” ). Huruf, angka, maupun karakter lainnya yang digabung menjadi teks yakni pola string.



String yakni tipe data yang anggotanya berurut dan memiliki indeks. Indeks dimulai dari angka 0 bila dimulai dari depan dan -1 bila diindeks dari belakang. Tiap karakter sanggup diakses menggunakan indeksnya dengan formatnamastring[indeks] . Pada string juga sanggup dilakukan slicing atau mengakses sekelompok substring dengan format namastring[awal:akhir]. Untuk jelasnya sanggup diperhatikan pola berikut.



kalimat = "Nama saya Umar"

print(kalimat) # print string lengkap
print(kalimat[0]) # print karakter pertama
print(kalimat[-1]) # print karakter terakhir
print(kalimat[4:7]) # print dari indeks 4 - 6
print(kalimat[:4]) # print dari indeks 0 - 3



Hasilnya akan muncul ibarat berikut:



Nama saya Umar
N
r
aya
Nama


 



List



List yakni tipe data yang berisi item yang berurut. Seperti halnya tipe data string, tiap item (anggota) list memiliki indeks sesuai dengan urutannya. Indeks dimulai dari 0 dan bukan dari 1.



List sanggup berisi anggota dengan tipe yang sama maupun berbeda. Untuk mendeklarasikan list, dipakai tanda kurung [ ] dan masing-masing anggotanya dipisahkan oleh tanda koma.



>>> lst = [1, 'dua', 3.0]


Untuk mengakses item dari list caranya yakni dengan memanggil nama list diikuti indeks dari item yang bersangkutan, yaitu dengan format namalist[index]


Selain itu sanggup juga dilakukan pengaksesan terhadap sejumlah item dari indeks ke indeks. Hal ini disebut slicing. Contohnya sebagai berikut:



a = [5,10,15,20,25,30,35,40]


# a[2] = 15
print("a[2] = ", a[2])


# a[0:3] = [5, 10, 15]
print("a[0:3] = ", a[0:3])


# a[5:] = [30, 35, 40]
print("a[5:] = ", a[5:])


 



Tuple



Tuple yakni jenis data lain yang ibarat dengan list. Perbedaannya dengan list yakni anggotanya tidak sanggup diubah (immutable). List bersifat mutable, sedangkan tuple bersifat immutable. Sekali tuple dibuat, maka isinya tidak sanggup dimodifikasi lagi.



Tuple dideklarasikan dengan menggunakan tanda kurung ( ). dan anggotanya dipisahkan oleh tanda koma. Tuple memiliki kegunaan untuk data yang dimaksudkan tidak diubah isinya. Misalnya tuple komposisi warna untuk putih yakni (255,255,255).



Seperti halnya list, kita sanggup mengakses anggota tuple dengan menggunakan indeksnya.



white = (255,255, 255)
red = (255,0,0)
print(white)
print(red[0])
print(red[1])


# akan menghasilkan error
# tuple bersifat immutable
red[0] = 128


 



Set



Set yakni salah satu tipe data di Python yang tidak berurut (unordered). Set memiliki anggota yang unik (tidak ada duplikasi). Jadi misalnya bila kita meletakkan dua anggota yang sama di dalam set, maka otomatis set akan menghilangkan yang salah satunya.



Set sanggup dipakai untuk melakukan operasi himpunan matematika ibarat gabungan, irisan, selisih, dan komplemen.



Set dibuat dengan meletakkan anggota – anggotanya di dalam tanda kurung kurawal { }, dipisahkan menggunakan tanda koma. Kita juga sanggup Membuat set dari list dengan memasukkan list ke dalam fungsi set()



Set sanggup berisi data campuran, baik integer, float, string, dan lain sebagainya. Akan tetapi set tidak sanggup berisi list, set, dan dictionary.




# set integer
my_set = {1,2,3}
print(my_set)


# set dengan menggunakan fungsi set()
my_set = set([1,2,3])
print(my_set)


# set data adonan
my_set = {1, 2.0, "Python", (3,4,5)}
print(my_set)


# bila kita mengisi duplikasi, set akan menghilangkan salah satu
# output: {1,2,3}
my_set = {1,2,2,3,3,3}
print(my_set)


# set tidak sanggup berisi anggota list
# pola berikut akan muncul error TypeError
my_set = {1,2,[3,4,5]}


 



Dictionary



Dictionary yakni tipe data yang tiap anggotanya terdiri dari pasangan kunci-nilai (key-value). Mirip dengan kamus dimana ada kata ada arti. Dictionary umumnya dipakai untuk data yang besar dan untuk mengakses anggota data secara acak. Anggota dictionary tidak memiliki indeks.



Dictionary dideklarasikan dengan menggunakan tanda kurung kurawal { }, dimana anggotanya memiliki bentuk kunci:nilai atau key:value dan tiap anggota dipisah tanda koma. Kunci dan nilainya sanggup memiliki tipe sembarang.



Untuk mengakses nilai dari anggota dictionary, kita menggunakan key-nya.



d = {1:'satu', 2:'dua', 'tiga':3}
print(tipe(d))
print("d[1] = ", d[1])
print("d['tiga'] = ", d['tiga'])
# Error
print("d[3] = ", d[3])

 



Beberapa Catatan …





  • Tipe data sering disebut objek. Pada dasarnya semua hal di python yakni objek.


  • Ada tipe data lain yang umumnya dimiliki oleh bahasa Python, yaitu tipe None. Tipe None yakni sebuah tipe data spesial yang mengatakan bahwa nilai/data suatu variabel itu belum/tidak ada (bukan nol, tapi tidak ada). Pada bahasa pemrograman lain ibarat C, atau PHP, tipe data ini disebut null.


  • Tipe data string, tuple, dan list masuk ke dalam tipe data yang disebut tipe data berurut / ordered atau sekuensial / sequence. Tipe data dictionary disebut data tidak berurut / unordered.



Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php