Modifier Perlindungan Hak Kanal Dalam Java

Pernahkan kawan-kawan berfikir kenapa suatu kelas di awali dengan kata public . Jika kita coba menghapus kata public tersebut apakah yang akan terjadi ? Jawaban dari pertanyaan ini akan kawan-kawan temukan sesudah membaca postingan ini .


Modifier Proteksi Hak Susukan Dalam Java

Apa itu modifier ??


Modifier yaitu dukungan hak kanal kalo menurut saya atau lebih tepatnya digunakan untuk menentukan ruang batas pengaksesan . Makara misalnya saya berikan modifier pada class artinya kelas tersebut sanggup di kanal di area yang sudah di tetapkan oleh modifier.


Macam-macam modifier


Untuk jenis modifier sendiri ada 4 macam yaitu :
– Default
– Public
– Private
– Protected

Lebih lengkap perihal jenis modifier


Modifier Default 


Untuk default ruang lingkupnya yaitu dalam satu package jadi tidak sanggup di kanal di dalam package yang lain. Untuk uji coba kita buat dua buah package yaitu PackageSatu dan PackageDua . Dalam PackageSatu buat sebuah file java dengan nama cobaSatu lalu di PackageDua buat file java bernama cobaDua. Untuk coding cobaSatu menyerupai di bawah ini .


  
public class CobaSatu {
    String kataDefault = "DEFAULT";
    public String kataPublic = "PUBLIC";
    private String kataPrivate = "PRIVATE";
    protected String kataProtected = "PROTECTED";
   
    public static void main(String[] args) {
        CobaSatu p = new CobaSatu();
        System.out.println("isi angkaDefault = "+p.kataDefault);
        System.out.println("isi angkaPublic = "+p.kataPublic);
        System.out.println("isi angkaPrivate = "+p.kataPrivate);
        System.out.println("isi angkaProtected = "+p.kataProtected);
    }
}

Kita buat atribut dengan modifier default , modifier public , modifier private dan modifier protected dan kita coba panggil di main . Untuk di dalam kelas yang sama sanggup di panggil semua . Untuk melihat perbedaan dari pengguanaan setiap modifier maka copy main dan paste di cobaDua maka hanya sanggup di panggil yang memiliki modifier public .


Modifier Public


Untuk ruang lingkup modifier public sanggup di gunakan di mana saja tanpa adanya batasan . Alasan ini lah yang menjadi akibat dari pertanyaan di atas . Makara kelas harus di beri modifier public semoga sanggup di panggil di kelas lain tanpa adanya batasan . Untuk cara pengecekannya sanggup melihat pola di atas , public sanggup di panggil di package lain . Kemudian kita buat lagi sub package dari packageSatu dan beri nama packageSatu.LebihDalam lalu buat kelas cobaEmpat maka yang sanggup di kanal hanya public .


Modifier Private


Modifier Private hanya sanggup di panggil di dalam kelas yang sama dan tidak sanggup di panggil di lain kelas . Private di gunakan untuk mengenkapsulasi object , untuk lebih lengkapnya perihal enkapsulasi akan saya bahas di lain waktu .


Modifier Protected


Untuk ruang lingkup modifier protected hasil yang saya coba sama menyerupai modifier default di tambah dikelas anaknya juga.


Lebih mudahnya di bawah ini saya buatkan tabel ruang lingkup setiap modifier .


Nantikan terus tutorial java dan android hanya di tutorialjava-mudah.blogspot.com untuk sedikit ilmu perihal java.



Sumber http://tutorialjava-mudah.blogspot.com/


Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php