Menggunakan Idle Python

IDLE (Integrated DeveLopment Environment) yaitu editor bawaan Python yang sanggup digunakan untuk menuliskan isyarat Python.  IDLE memiliki mode shell (mode interaktif) yang sanggup digunakan untuk menjalankan perintah – perintah dengan hasil keluarannya eksklusif ditampilkan. IDLE sendiri yaitu murni dibuat oleh Guido van Rossum dari bahasa Python.





IDLE memiliki beberapa fitur yang berguna, di antaranya:




  • Editor multi-window dengan fitur syntax highlighting ,autocomplete, smart indent, dan lain – lain.


  • Shell interaktif dengan fitur syntax highlighting.


  • Memiliki fitur debugger untuk men-debug isyarat program.



Anda sanggup membaca artikel memulai pemrograman Python untuk cara dasar memulai menggunakan IDLE. Tampilan mode interaktif IDLE yaitu mirip berikut ini.



Menggunakan IDLE Python



Di shell IDLE Kita sanggup mengetikkan perintah, kemudian menekan Enter dan kesannya eksklusif keluar. Untuk kembali ke perintah sebelumnya tanpa harus mengetikkan ulang, kita sanggup menekan Alt + P.



Untuk mengetikkan isyarat yang banyak, kita harus menggunakan mode editor. Caranya yaitu pada jendela Python 3.4.4 Shell, pilih sajian File -> New File. Bisa juga dengan menekan Ctrl + N. Tampilannya jendela kosongnya mirip berikut.



Menggunakan IDLE Python



Untuk jelasnya penggunaan IDLE ini, kita akan mempraktekkannya pada sebuah teladan acara sederhana. Program yang kita buat yaitu acara penjumlahan dua buah bilangan.




  • Ketikkan perintah berikut pada editor IDLE.



# Program penjumlahan 2 buah bilangan

bil1 = input('Masukkan bilangan 1: ')
bil2 = input('Masukkan bilangan 2: ')

jumlah = float(bil1) + float(bil2)

print('Jumlah {0} dan {1} yaitu {2}'.format(bil1, bil2, jumlah))


Di editor IDLE tampilannya yaitu mirip berikut:



Menggunakan IDLE Python



 




  • Selanjutnya simpan file dengan memilih sajian File -> Save atau dengan menekan Ctrl + S. Simpan di kawasan yang Anda kehendaki. Di sini disimpan di C:\Python34 dengan nama program-1.py.



Menggunakan IDLE Python




  • Setelah tersimpan, maka nama jendela akan berubah dari Untitled menjadi program-1.py



Menggunakan IDLE Python




  • Langkah selanjutnya yaitu menjalankan acara dengan cara pilih sajian Run -> Run Module atau dengan cara menekan F5 pada keyboard.



Pada saat dijalankan, IDLE akan masuk ke mode shell dan akan menampilkan hasilnya.



Menggunakan IDLE Python





Salah satu fitur IDLE yang paling memiliki kegunaan yaitu fitur autocomplete dengan suggestion (saran) terutama di jendela shell.



Dengan fitur ini, misalnya kita punya objek string. Kita lupa fungsi atau metode – metode yang disediakan oleh string. Dengan menggunakan IDLE, kita akan diberitahu apa saja yang dimiliki oleh objek tersebut. Untuk jelasnya perhatikan gambar berikut:



Menggunakan IDLE Python



Selain string, hal yang sama juga berlaku untuk hampir semua objek lainnya mirip list, tuple, set, dictionary, dan kelas.



 



Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php