Mengapa Harus Python?

Mengapa Harus Python?



Mengapa harus Python? Bukankah masih banyak bahasa pemrograman lain di luar sana? Apa kelebihan Python?



Pertanyaan – pertanyaan tersebut sering menjadi pertanyaan yang muncul sebelum seseorang mempelajari Python. Berikut ialah beberapa di antara kelebihan Python:






  1. Python ialah bahasa pemrograman yang populer. Per September 2018, Python berada di urutan ke 3 bahasa acara yang paling terkenal di dunia.


  2. Python relatif lebih praktis dipelajari dan digunakan dibandingkan bahasa pemrograman lain. Sintaksnya sederhana, praktis dibaca dan diingat lantaran filosofi python sendiri menekankan pada aspek akomodasi dibaca (readibility). Kode python praktis ditulis dan praktis dibaca, sehingga lebih praktis diperbaiki jikalau ada kesalahan, dan juga praktis untuk dipelihara.


  3. Selain lebih praktis dibaca, python juga lebih efisien dibandingkan bahasa lain ibarat C, C++, maupun Java. Untuk melakukan sesuatu dengan 5 baris kode pada bahasa lain, sanggup jadi di python hanya diperlukan 1 baris kode. Hal ini mengakibatkan pembuatan acara dalam Python menjadi lebih ringkas dan lebih cepat dibandingkan bahasa lain.


  4. Python merupakan bahasa multifungsi. Dengan python Anda sanggup melakukan berbagai hal mulai dari memproses teks, membuat website, membuat acara jaringan, robotika, data mining, sampai dengan kecerdasan buatan. Dengan python Anda sanggup membuat aplikasi berbasis desktop maupun berbasis smartphone.


  5. Python kaya akan dukungan library (pustaka) standar. Tersedia berbagai modul-modul dan ekstensi acara yang sudah siap Anda pakai untuk membuat acara sesuai kebutuhan Anda. Komunitas python ialah komunitas yang sangat aktif berbagi python sehingga menjadi bahasa yang sangat handal.


  6. Python sanggup berinteraksi dengan bahasa lain. Kode python sanggup memanggil oleh bahasa C, C++, dan sebaliknya juga sanggup dipanggil dari bahasa lain.



Tapi, itu hanya kelebihannya. Terus, apa kekurangannya? Python ialah bahasa interpreter. Kekurangan python dibanding bahasa lain yang menggunakan kompiler ialah ‘sedikit’ lebih lambat pada saat dijalankan bila dibandingkan bahasa C maupun C++. Tapi hal inipun sangat bersifat relatif. Tergantung dari besar ukuran acara yang dibuat.



Untuk acara besar yang membutuhkan kecepatan pemrosesan tinggi mungkin Python kalah cepat dari bahasa C, tapi untuk hal selain itu Python lebih praktis dan lebih baik dari bahasa lain. Selain itu, kode sumber sekarang sudah dioptimasi menggunakan bahasa C, sehingga kecepatannya juga sudah sangat mendekati kecepatan bahasa C. Spesifikasi komputer juga sekarang ini sudah semakin tinggi sehingga sanggup memproses acara dengan cepat, sehingga sering kali ini tidak menjadi hal penting dan sanggup diabaikan.



Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php