Memulai Pemrograman Python

Python merupakan bahasa interpreter yang artinya aba-aba python akan dieksekusi baris perbaris. Bila ada kesalahan acara di tengah eksekusi, maka acara akan berhenti — kecuali menggunakan penanganan eksepsi. Ada dua cara menjalankan interpreter python ini — untuk selanjutnya kita hanya akan menyebut python saja. Yang pertama yakni dengan menggunakan acara command prompt (cmd) di windows. Yang kedua menggunakan acara IDLE yang merupakan bawaan python sendiri. Di sini kita akan membahas keduanya.



Menjalankan Python Menggunakan Command Prompt



Langkah – langkah menjalankan python menggunakan cmd yakni sebagai berikut:




  • Klik start menu, pilih All Programs. Kemudian pilih folder Accessories, dan terakhir klik Command Prompt.



Memulai Pemrograman Python




  • Selanjutnya akan tampil jendela command prompt. Ketikkan python pada jendela tersebut. Anda akan melihat munculnya tampilan berikut. Perhatikan ada tanda >>> atau disebut tanda prompt. Tanda tersebut menyampaikan bahwa Python sudah siap mendapat perintah dalam bahasa Python.



Memulai Pemrograman Python



 



Menjalankan Python Menggunakan IDLE



IDLE merupakan acara editor bawaan Python. IDLE mampu digunakan dalam untuk menjalankan python dalam mode interaktif. Arti interaktif di sini yakni ketika Anda mengetikkan perintah, maka risikonya akan langsung ditampilkan.



Untuk menjalankan IDLE, lakukan langkah – langkah berikut:




  • Klik start menu, pilih All Programs. Kemudian pilih Python34, dan selanjutnya klik IDLE (Python 3.4 GUI – 32 bit). Kalau Anda menggunakan versi 64 bit, maka klik IDLE (Python 3.4 GUI – 64 bit).



Memulai Pemrograman Python



 




  • Selanjutnya akan muncul jendela IDLE yang mirip dengan tampilan python pada command prompt.



Memulai Pemrograman Python



 



Pada jendela interaktif Anda tidak mampu mengetikkan acara dengan jumlah baris yang banyak. Mode interaktif ini hanya cocok digunakan untuk melakukan uji coba perintah – perintah pendek dan melihat hasilnya.



Bila Anda akan menuliskan acara dengan jumlah baris yang banyak, Anda sebaiknya menggunakan acara editor teks. IDLE sendiri selain memiliki mode interaktif, juga memiliki jendela editor.



Adapun cara membuka editor IDLE yakni dari jendela IDLE di atas. Pada jendela IDLE interaktif, Anda melihat ada sajian File di sebelah kiri atas. Klik File, dan pilih New File.



Memulai Pemrograman Python



 



Selanjutnya Anda akan melihat tampilan editor yang masih kosong mirip di bawah ini. Di situlah Anda mampu mengetikkan baris – baris program.



Memulai Pemrograman Python



 



Untuk menyimpan acara yang Anda tulis, klik File, kemudian pilih Save. Beri nama acara Anda dan klik tombol Save. Anda mampu menyimpan file acara yang Anda buat di mana saja. Direktori penyimpanan defaultnya yakni di C:\Python34 mirip gambar berikut:



Memulai Pemrograman Python



 



Mencoba Python Pertama Kali



Pada belahan ini kita akan mulai mencoba bereksperimen dengan menggunakan python. Teori tanpa praktek tidak akan ada gunanya.



Pertama sekali, silahkan buka IDLE mirip cara yang sudah dijelaskan di atas.



Awalnya kita akan menggunakan python mirip kalkulator sederhana. Kita mampu melakukan penjumlahan, perkalian, dan seterusnya.



Ketikkan perintah – perintah berikut di IDLE. Yang Anda ketikkan yakni yang di depan tanda prompt >>>. Hasilnya akan langsung ditampilkan.



>>> 12 + 13
25
>>> 2 - 4
-2
>>> 5 * 9
45
>>> 2/4
0.5
>>> 2 ** 3
8


Di IDLE tampilannya akan tampak mirip berikut:



Memulai Pemrograman Python



 



Selanjutnya kita coba menampilkan pesan “Hello World!” ke layar. Ketikkan perintah berikut:



>>> print("Hello World!")
Hello World!
>>> print("Saya belajar Python di situs Pythonindo.com")
Saya belajar Python di situs Pythonindo.com")


Memulai Pemrograman Python



Untuk sementara, cukup disitu dulu yang perlu Anda lakukan. Pada tutorial selanjutnya, kita akan mempelajari dasar – dasar python lainnya.



Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php