Membuka Dan Menutup Notepad Memakai Python

Membuka dan Menutup Notepad Menggunakan Python



Kita mampu membuka dan menutup aplikasi notepad secara otomatis menggunakan Python. Kita akan menggunakan modul pywinauto. Bila modul pywinauto belum terpasang, Anda mampu memasangnya menggunakan pip.





Di sini kita tidak membahas detail penggunaan pywinauto. Untuk tutorialnya, mampu Anda baca di halaman pywinauto



Mari kita mulai. Silahkan copy pastekan arahan berikut di editor IDLE atau editor Python lainnya. Simpan dengan nama autonotepad.py.



from pywinauto.application import Application
from pywinauto import keyboard
import time

app = Application().start(r'C:\Windows\System32\notepad.exe')
keyboard.SendKeys('Hello{VK_SPACE}World')
app["Untitled - Notepad"].menu_select('File->Exit')
time.sleep(2)
app["Notepad"].Button2.click()


Bila acara dijalankan, maka akan terlihat notepad terbuka sendiri secara otomatis. Pada baris 1 s/d 3 kita mengimport modul yang diperlukan. Pada baris ke 4, kita membuat objek otomatisasi notepad. Perintah baris ke 5 membuat keyboard mengetik otomatis kata ‘Hello World’ pada jendela notepad yang terbuka. {VK_SPACE} ialah arahan kunci untuk tombol Enter. Selengkapnya, arahan kunci keyboard di pywinauto mampu dilihat di halaman pywinauto.



Baris ke 7 ialah perintah untuk memilih spec windows yang muncul. Di sini kita memilih spec windows dari title jendelanya. Dalam hal ini jendela notepadnya memiliki title “Untitled – Notepad”. Selain dengan menggunakan mode dictionary, Pywinauto mampu membaca title dari jendela acara dengan menggunakan regex. Baris ke 7 mampu juga kita tuliskan app.UntitledNotepad.menu_select('File-Exit').



Kita sengaja menambahkan time.sleep(2) pada baris ke 8 untuk membuat jeda acara biar kotak dialog tidak pribadi tertutup dan kita tidak melihat apa yang terjadi. Baris 9 ialah untuk menutup kotak dialog yang terbuka. Kita mampu melihat identitas dari semua tombol yang ada pada jendela.  Dalam hal ini, Button2 mampu diketahui dari perintah app["Notepad"].print_control_identifiers(). Identifier dari sebuah jendela mampu diperoleh dengan format window_spec.print_control_identifiers()



Contoh di atas hanyalah untuk menyampaikan gambaran sekilas penggunaan otomatisasi di python. Tentu saja, dengan praktek, kita mampu membuat banyak hal lagi yang kita inginkan.



 



Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php