Manajemen Prioritas Penanganan Keluhan Dan Pengembangan Produk Di Mutiara Packaging Memakai Pendekatan Crm (Skripsi)

Mutiara Packaging adalah sebuah nama brand biro yang menjadi salah satu anak cabang usaha dari CV. Restu Kurnia Abadi. Bergerak pada bidang penyediaan pengemasan dan produk alat kosmetik atau kecantikan yang telah berdiri sejak tahun 2014 yang berlokasi di Bandung. Pada mulanya perusahaan ini hanya memiliki satu gudang saja yang berlokasi di daerah Rancaekek, Kabupaten Bandung. Seiring dengan perkembangannya, pada tahun 2016 perusahaan ini sudah memiliki dua gudang penyimpanan lain yang berlokasi di daerah Ciwastra, sehingga total gudang penyimpanan ketika ini adalah sebanyak tiga gudang.



Manajemen Prioritas Penanganan Keluhan Dan Pengembangan Produk Di Mutiara Packaging Menggunakan Pendekatan CRM (skripsi)



Berdasarkan hasil wawancara dengan Sentot Andi Kurniawan selaku pemilik perusahaan Mutiara Packaging, terjadi problem pada penanganan keluhan pelanggan. Perusahaan merampungkan keluhan tersebut hanya berdasarkan urutan keluhan masuk yang disampaikan oleh CS tanpa melihat prioritas keluhan mana yang terlebih dahulu harus ditangani. Hal ini mampu menyebabkan pelanggan tidak melakukan pembelian kembali di kemudian hari lantaran keluhan yang disampaikan tidak langsung ditangani oleh perusahaan atau lamban dalam penanganannya. Sedangkan dari hasil wawancara dengan Restiani Nur Fauzi selaku manager perusahaan, kesulitan juga ditemukan pada pengembangan produk untuk produk yang tidak laku sehinga terjadi penumpukan beberapa macam produk digudang dalam waktu yang lama.



Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka diperlukan suatu Sistem Informasi Customer Relationship Management. Tujuannya adalah membantu pemilik perusahaan dalam menentukan prioritas penanganan keluhan pelanggan, dan membantu manager pemasaran dalam melakukan proses pengembangan produk yang kurang laku. Metode AHP (Analytical Hierarchy Process) merupakan metode yang digunakan untuk menentukan prioritas penanganan keluhan pelanggan yang dilakukan oleh Pemilik Perusahaan. Sedangkan alat yang digunakan dalam merampungkan problem pengembangan produk menggunakan kuesioner yang akan diterapkan didalam sistem warta customer relationship management yang akan dibangun. Berdasarkan hasil pengujian fungsional, UAT (User Acceptence Test) dan pengujian pengguna simpulan penelitian ini mampu disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu perusahaan dalam melakukan proses prioritas penanganan keluhan dan pengembangan pada produk yang tidak laku.



Jika anda berminat untuk mempelajari skripsi ini, atau ingin menjadikannya sebagai rujukan skripsi anda, silahkan download skripsi full konten melalui link di bawah ini. File skripsi



sumber : unikom





Sumber http://referensicoding.info


Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php