Cara Menjalankan Jadwal Python Di Latar Belakang

Kadang kala kita menginginkan aktivitas Python yang kita jalankan, tidak muncul di layar. Kita ingin aktivitas kita berjalan di latar belakang sistem operasi. Hal ini umum berlaku untuk aktivitas otomatisasi atau kita ingin menyembunyikan jendela aktivitas agar tidak dilihat oleh orang lain.





Ada trik yang sanggup digunakan untuk membuat python berjalan di belakang layar. Dalam hal ini kita menggunakan windows.



Caranya adalah dengan memanfaatkan aktivitas pythonw.exe yang menjadi bawaan python. Umumnya aktivitas akan dieksekusi menggunakan python.exe. Bila misalnya file python yang berekstensi .py kita klik dua kali, maka otomatis yang berjalan adalah aplikasi python.exe. Atau kita sanggup menjalankan python di command prompt menggunakan sintaks python.exe <spasi> namafile.py



python.exe dan pythonw.exe di windows sama – sama terletak di folder instalasi Python adalah di C:\Python34 (bila menggunakan versi 3.4). Beda python.exe dengan pythonw.exe adalah python.exe berjalan menggunakan antarmuka atau dengan kata lain muncul di layar. Kebalikannya pythonw.exe akan bekerja di diam-diam dan tidak akan memiliki tampilan. Prosesnya hanya sanggup dilihat sedang berjalan atau tidak dari task manager windows.



Untuk membuat file python kita dieksekusi menggunakan pythonw.exe, kita sanggup membuat sebuah file  berekstensi .bat di windows.



Mari kita buat contoh. Ketikkan baris aktivitas berikut di editor python, dan simpan dengan nama test.py di folder C:\Python34.



import webbrowser
import time

url = r'http://www.pythonindo.com'

time.sleep(10)
webbrowser.open(url)
time.sleep(15)


 



Cara Menjalankan Program Python Di Latar Belakang



Kita sengaja membuat delay waktu menggunakan time.sleep() untuk melihat ada atau tidaknya proses pythonw.exe yang berjalan di belakang layar.



Selanjutnya buka aplikasi notepad dan ketikkan pythonw.exe test.py dan kemudian simpan dengan nama test.bat di kawasan yang sama dengan file test.py tadi.



Cara Menjalankan Program Python Di Latar Belakang



Setelah tamat kita sudah sanggup mengklik file test.bat, dan halaman cmd pun terbuka.



Cara Menjalankan Program Python Di Latar Belakang



Close saja jendela cmd tersebut. pythonw.exe akan tetap berjalan walaupun command promptnya di tutup.



Setelah beberapa saat, kita lihat bahwa jendela browser akan terbuka otomatis mengarah ke situs http://pythonindo.com sesuai dengan aktivitas yang kita buat.



Setelah aktivitas selesai, maka proses pythonw.exe pun akan berhenti.



Kelemahan dari penggunaan pythonw.exe ini adalah jikalau ada kesalahan program, maka kita tidak sanggup melihat apa errornya. Dan kita tidak tahu apa aktivitas berjalan dengan baik atau tidak.



Tapi sebelum menguji aktivitas untuk berjalan di belakang layar, sebaiknya kita pastikan terlebih dahulu bagaimana jalannya aktivitas di tampilan depan layar. Setelah pasti tidak ada kesalahan lagi, baru kita sanggup menjalankannya di latar belakang.



Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php