Cara Menginstal Paket Di Python

Program besar umumnya  dibuat dari potongan – potongan yang lebih kecil. Bagian – potongan tersebut sanggup dibuat sendiri atau menggunakan aktivitas yang sudah dibuat oleh orang lain. Hampir semua aktivitas besar menggunakan potongan – potongan yang sudah dibuat oleh orang atau pihak lain. Salah satu kegunaannya adalah untuk menghemat waktu pembuatan program.





Demikian juga halnya dengan aktivitas Python. Pada dikala instalasi Python, Anda sudah menginstal ratusan modul – modul yang menyusun Python. Modul – modul tersebut ditulis oleh banyak orang di seluruh dunia dan tiap modul memiliki fungsinya masing – masing untuk melakukan suatu hal.



Kumpulan dari satu atau beberapa modul akan membentuk paket Python. Banyak paket yang sudah menjadi bawaan dari bahasa Python. Paket – paket tersebut umumnya terinstal  di dalam folder Lib di dalam direktori instalasi Python.



Cara Menginstal Paket di Python



Selain paket yang sudah terinstal dikala instalasi Python, kita juga sanggup menginstal sendiri paket yang kita inginkan dari internet. Kita sanggup menginstal paket dengan menggunakan aktivitas pip yang menjadi bawaan Python.



Berikut ini kita contohkan untuk menginstal paket requests dengan praktis menggunakan pip. requests adalah modul python yang memiliki kegunaan untuk melakukan semua jenis http request atau usul saluran ke website mirip halnya browser.



Menginstal paket menggunakan pip sangat mudah. Sebelumnya pastikan Anda terhubung dengan internet. Kemudian buka command prompt (cmd) windows. Ketikkan pip install requests atau C:\Python34\Scripts\pip.exe install requests.



Cara Menginstal Paket di Python



Bila tidak ada masalah, maka paket akan terinstal dengan sukses dan sanggup kita pakai untuk membuat program. Bila belum sukses, pip akan menampilkan pesan error yang menyampaikan di mana letak kesalahannya.



Selain dengan cara online, pip juga sanggup digunakan untuk menginstal paket secara offline. Tetapi, Anda sudah harus mendownload paket offline sebelumnya. Paket python biasanya memiliki ekstensi .whl. Anda sanggup googling paketnya di internet dan kemudian mendownloadnya.



Situs yang berisi paket python yang resmi ada di pypi. Bila Anda tidak menemukan paket yang Anda cari di sana, ada situs lain yang berisi paket python, adalah di https://www.lfd.uci.edu/ gohlke/pythonlibs/



Catatan: Pada dikala akan mendownload paket, Anda harus memperhatikan versi Python dari paket yang Anda download semoga nantinya kompatibel dengan Python yang terinstall di komputer Anda. Apakah itu untuk python versi 2.7, 3.2, 3.4, 3.5, dan lain sebagainya.



Setelah Anda mendownload paketnya, Anda tinggal menginstalnya dengan cara yang sama, dengan format pip install path_ke_paket.



Misalnya kita mendownload paket requests bernama requests‑2.18.4‑py2.py3‑none‑any.whl. Hasil downloadannya ini kita pindahkan ke drive D:. Maka kita sanggup menginstalnya dengan perintah pip install D:\requests‑2.18.4‑py2.py3‑none‑any.whl.



Agar bekerja maksimal, sebaiknya Anda mengupgrade versi pip terlebih dahulu dengan perintah pip install -U pip. Kemudian cek versi pip dengan perintah pip -V.



 



 



Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php