Cara Memainkan Bunyi (Audio) Memakai Python

Python mampu memainkan suara (audio) dengan berbagai format menyerupai wav dan mp3. Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa cara memainkan suara di Python.





Memainkan Suara .wav Menggunakan Modul winsound



winsound adalah modul bawaan Python yang mampu digunakan untuk memainkan suara dengan format .wav di Windows. Berikut ini kita menggunakan winsound untuk memainkan suara windows error yang sering kita dengar di Windows. Semua suara windows menyerupai suara saat windows start sampai windows shutdown ada di direktori C:\Windows\Media.



>>> import winsound
>>> winsound.PlaySound('C:\\Windows\\Media\\Windows Error.wav', winsound.SND_FILENAME)


Metode PlaySound membutuhkan dua argumen, adalah path ke file suara dan argumen FLAG. Di sini kita menggunakan argumen winsound.SND_FILENAME.





Memainkan File mp3 dan File Suara Lainnya



Untuk memainkan file mp3 maupun file suara lainnya, kita mampu menggunakan modul os atau dengan menggunakan modul playsound yang mampu kita download menggunakan pip.



1. Memainkan File Dengan modul os



Dengan modul os kita mampu memainkan file suara mp3 maupun yang lainnya. Akan tetapi, file suara akan dibuka sendiri menggunakan acara windows. Dalam hal ini defaultnya adalah Windows Media Player. Misalnya dalam referensi berikut kita memiliki file musikku.mp3 di direktori D:\.



>>> import os
>>> os.startfile('D:\\musikku.mp3')


Pada referensi tersebut, musikku.mp3 akan terbuka dengan sendirinya di Windows Media Player.



2. Memainkan File mp3 dengan Modul playsound



Modul playsound mampu kita install dengan menggunakan pip. Setelah terinstall, kita mampu memainkan file mp3. Suara akan dimainkan di latar belakang tanpa menggunakan aplikasi Windows Media Player.



>>> import playsound
>>> playsound.playsound('D:\\musikku.mp3')


 



Popular posts from this blog

Subitems Listview Berwarna Selang Seling

Source Code Aplikasi Tagihan Internet Memakai Php